Yuk, Kenali Pengertian Penyakit Parkinson, Penyakit Degeneratif

images.jpeg

Sumber: fitnessformen.com

Apa Pengertian dari Penyakit Parkinson?

Penyakit Parkinson merupakan sebuah penyakit yang menyerang saraf dan memburuk secara bertahap serta memengaruhi bagian otak yang berfungsi mengoordinasikan gerakan tubuh. Akhirnya menyebabkan pasien mengalami kesulitan dalam mengatur gerakan tubuhnya, termasuk saat berbicara, berjalan, ataupun menulis.

Dilansir dari laman Halodoc, pengertian dari penyakit Parkinson adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh degenerasi sel saraf dan hilangnya sel-sel yang semula memproduksi dopamin di otak. Nah, penyakit ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi sistem motorik. Ketika dalam kondisi normal, sel yang berasal dari neuron-neuron tersebut menghasilkan dopamin yang memiliki peran sebagai penyampai pesan dalam berkomunikasi antara susbstantia nigra dengan xorpus striatum. Nah, komunikasi ini di diatur oleh gerakan otot yang seimbang dan mulus. Kekurangan dopamin dapat menyebabkan hilangnya kemampuan mengendalikan tubuh. 

Kemungkinan perkiraan Penyakit Parkinson ini menyerang sekitar 1 diantara 250 orang yang berusia 40 tahun dan sekitar 1 dari sekitar 100 orang yang berusia di atas 65 tahun. Berdasarkan data tersebut orang yang berusia lebih dari 60 tahun rentan terhadap penyakit ini. Meskipun begitu, orang yang lebih muda juga kemungkinan mengalaminya. Nah, penyakit ini kebanyakan lebih menyerang pria daripada wanita. 

Berdasarkan penyebabnya, Parkinson dibagi menjadi dua yaitu:  

  1. Parkinson primer dapat disebabkan oleh berkurangnya dopamin yang dipengaruhi oleh bertambahnya usia.
  2. Parkinson sekunder dapat disebabkan oleh terhambatnya pengaliran dopamin yang kemungkinan disebabkan oleh tumor, stroke, gangguan pembuluh darah atau trauma. 

Keadaan penyakit ini akan memburuk secara bertahap seiring berjalannya waktu, sehingga terdapat 5 tingkatan atau dalam dunia medis disebut stadium, antara lain:

  1. Stadium 1. Pada stadium awal ini gejala penyakit Parkinson masih tergolong ringan dan tidak mengganggu aktivitas penderita.
  2. Stadium 2. Masa waktu perkembangan penyakit Parkinson dari stadium 1 ke stadium 2 berbeda pada tiap penderita, kemungkinan dapat berlangsung dalam hitungan bulan atau tahun. Nah, Pada tingkatan ini, gejala sudah mulai terlihat.
  3. Stadium 3. Penyakit Parkinson stadium 3 ditandai dengan tanda-tanda yang semakin jelas terlihat, seperti gerak tubuh yang mulai melambat, dan mulai mengganggu aktivitas pasien.
  4. Stadium 4. Di stadium 4 ini tingkat keparahan mulai semakin meninggi. Pasien mulai kesulitan berdiri atau berjalan. Bahkan, gerak tubuh pasien akan semakin melambat, sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk membantunya beraktivitas.
  5. Stadium 5. Penyakit Parkinson pada tahap stadium 5 dapat membuat penderita sulit atau bahkan tidak bisa berdiri sama sekali. Selain itu, penderita juga dapat mengalami waham atau delusi dan halusinasi.

Bagaimana gejala dan penyebab penyakit Parkinson ini?

Menurut laman Alodokter, awal mula gejala parkinson biasanya cenderung ringan dan tidak disadari oleh pasien. Terdapat 3 gejala utama yang umumnya dialami oleh penderita Penyakit Parkinson yaitu tremor, gerak tumbuh melambat dan kaku otot.

Penyakit Parkinson yang berkaitan dengan kerusakan atau kematian sel saraf di bagian otak disebut susbstantia nigra. Nah, hal itu menyebabkan berkurangnya produksi dopamin sehingga gerakan tubuh pun menjadi lambat.

Bagaimana pengobatan pada penyakit parkinson?

Terdapat beberapa cara untuk menangani Penyakit Parkinson. Metode penanganan yang biasanya dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup penderita. Nah, berikut ini beberapa metode penanganannya.

  1. Terapi suportif, seperti fisioterapi.
  2. Penggunaan obat-obatan, seperti antikolinergik dan levodopa.
  3. Prosedur bedah.

Meskipun tidak dapat diobati, Penyakit Parkinson masih bisa dicegah, dengan berolahraga dan rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*